Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-pesan-pembuka-saat-proses.html#ixzz27TMm9h9J

SEDANG MEMUAT KONTEN HALAMAN
SILAKAN TUNGGU DENGAN SABAR

Laman

http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-9/ani811.cur

Senin, 26 Maret 2012

LAPORAN MICROSOFT ACCES


LAPORAN RESMI PRAKTIKUM
PENERAPAN KOMPUTER

 





                                                                                                                   


Disusun Oleh:
                                       

DISUSUN OLEH :
                                        NAMA                : JOKO MARYANTO
                                        NIM                    : 11/14150 /TP
                                        FAKULTAS       : TEKNOLOGI PERTANIAN
                                        JURUSAN          : TEKNIK PERTANIAN
ACARA              : MICROSOFT ACCESS     
CO ASS              : EKO EVANO PUTRA



INSTITUT PERTANIAN STIPER
YOGYAKARTA
2012

I.              ACARA           :        Microsoft Acces
II.      TUJUAN         :
1.    Untuk mempelajari dan mengetahui salah satu aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Office yang mampu menggabungkan ataupun mensirkonisasi antara Microsoft Word dan Microsoft Excel.
2.    Untuk dapat menggunakan atau mengoperasikan Microsoft Acces dengan tepat dan benar. Yang memungkinkan pengguna dapat mendapat keuntungan-keuntungan dari penggunaannya.
II.           ALAT DAN BAHAN
A.           Alat : Unit komputer
B.            Bahan: Dokumen yang mau di buat yaitu data  mahasiswa.
IV. DASAR TEORI
Microsoft Access digunakan untuk membuat sederhana, serta kompleks, solusi database. tabel Akses mendukung berbagai jenis bidang standar, indeks, dan integritas referensial. Akses juga mencakup antarmuka query, bentuk untuk menampilkan dan memasukkan data, dan laporan untuk dicetak. Jet Database yang mendasari, yang berisi benda-benda, adalah multiuser-aware dan menangani rekor mengunci dan integritas referensial termasuk cascading.
Tugas berulang dapat otomatis melalui macro dengan pilihan point-and-klik. Microsoft Access sangat populer di kalangan non-programmer dan pengembang profesional sama. Non-programmer dapat membuat visual menyenangkan dan solusi yang relatif maju dengan kode sangat sedikit atau tidak ada, sedangkan pengembang profesional dapat memanfaatkan kekuatan Akses untuk mencapai di luar mereka sendiri. Hal ini juga mudah untuk menempatkan database pada jaringan dan telah berbagi banyak pengguna dan memperbarui data tanpa Timpa pekerjaan masing-masing. Data terkunci pada tingkat rekor yang secara signifikanberbeda dari Excel yang mengunci
semua spreadsheet. Microsoft Acces menawarkan berbagai database template dalam program ini dan untuk di-download dari situs web mereka.

V. CARA KERJA
     A. Teoritis
1.      Memilih program microscoft access lalu pilih data blank lalu create.
2.      Memilih pilihan tabel lalu view, selanjutnya pilih design view kemudian masukan data yang akan dibuat.
3.      Memilin pilihan datasheet view pada toolbar jika data sudah dimasukan.
4.      Menghubungkan 2 tabel atau lebih dengan memilih  Relationship, dan antara kunci dihubungkan.
5.      Membuat query dengan memilih field yang akan ditampilkan/diolah dan persyaratan field-field tsb. Langkah dengan wizard. Dan akan muncul tabel query lalu pilih simple Query Wizard pada tabel dipilih tanda ‘>>’ untuk memindah data semua ke sebelah kanan klik next kemudian klik finis.
6.      Memilih tabel yang sudah di query lalu pilih form.
7.      Menyimpan data dengan nama mahasiswa dan NIM.
B. Sekematis
1.         Dilakukan pembuatan tabel, kemudian pilih ‘Create Table in Design View’ isikan struktur field sesuai kebutuhan seperti cotoh.
2.         Dihubungkan 2 tabel atau lebih (Relationship) Relationship (kaitan) antar tabel meruakan kunci keunggulan database. Di antara 2 tabel yang akan dikaitkan harus mempunyai field kunci yang memiliki ukuran dan jenis sama, misalnya antara data identitas maahsiswa dengan nilai mahasiswa dikaitkan dengan field no.mhs.
3.         Dibuatan Query Sesuai dengan kegunaannya, query dibuat dengan memilih field yang akan ditampilkan/diolah dan persyaratan field-field tsb. Langkah dengan wizard.
4.         Dibuatan tabel Form, Form (borang) digunakan untuk mempermudah pengisian data, juga merupakan alternatif pengisian selain dengang bentuk tabel. Cara pembuatan, dari file manager, klik pilihan Forms. Bila kita sudah mempunyai tabel, akan lebih mudah membuat form dengan bantuan program, yakni dengan ‘Create Form Using Wizard’.
5.         Disimpan dengan nama mahasiswa dan NIM.







VI. HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN  :
A.  HASIL
1.             Klik start → klik Microsoft office → klik Microsoft OfficeAcces 2007.
2.             Setelah itu akan muncul tampilan menu “ Getting Started with Microsoft Office Acces” kemudian Klik “ Blank Database”.



3.             Kemudian pada tampilan bawah sebelah kanan pada file name isi dengan Joko maryanto (nama sesuai keinginan), lalu Klik ”Create”.
4.             Kemudian akan muncul  tampilan baru dari Microsoft Acces.

5.             Lalu pilih menu toolbar “View” kemudian pilih “Design View”.


6.             Setelah itu akan muncul bagian kotak kecil.


7.             Di dalam kotak kecil tadi, kita pilih “Table Name” setelah itu ketik di dalamnya “ Tabel Data Staft”. Lalu klik OK.

8.             Setelah itu akan muncul tampilan tabelnya yang terdiri dari bagian-bagiannya, seperti “ Field Name, Data Type dan Description”.

9.             Kemudian masukkan data-data yang diperlukan seperti (Nama, Alamat, Noner mahasiswa, Alamat Asal,dan lain-lain).
10.         Lalu keluarkan data, dengan cara mengklik tanda View lalu datasheet view pada bagian kiri atas tabel.


11.         Kemudian buka kembali data yang tadi dengan cara mengklik “Table Data Staft” dengan menggunakan tombol kanan atau tombol sekunder pada mouse. Lalu Klik open.

12.         Pada layar akan tampil tabel-tabel yang telah kita buat formatnya tadi, kemudian isi tabel-tabel itu sesuai dengan keinginan dan tempat-tempatnya.

13.         Setelah itu keluarkan data, kemudian buat lagi tabel yang baru dengan cara pilih menu pada toolbar “ Create”  lalu pilih “Table”.

14.         Akan muncul tampilan yang sama dengan pembuatan tabel yang tadi, lakukan hal yang sama, namun pada Table Name ketik nama yang berbeda sesuai kebutuhan fengan nama Fakultas dan jurusan  lalu klik OK.

15.         Kemudian akan muncul tampilan tabelnya, lalu ketik isinya sesuai dengan kebutuhan. Lalu keluarkan data kemudian pada saat ada tampilan “ Do You Want Save to Design Table” Klik “Yes”.

16.         Lalu buka kembali tabel yang tadi dengan cara yang sama seperti yang pertama. Maka akan muncul tampilan tabelnya.
17.         Kemudian isi tabel sesuai kebutuhan lalu keluarkan kembali data tersebut.


18.         Setelah itu untuk menggabungkan kedua data tersebut, kita pilih Toolbar “Database Tools” kemudian Klik “Relationships”.

19.         Lalu akan muncul kotak kecil “Show Tabel” kemudian klik data yang ada di kotak tersebut lalu pilih “Add”. Begitu juga bagian yang keduanya.

20.         Lalu Klik Close, setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

21.         Kemudian kita klik “ID FAKULTAS & JURUSAN” pada Table Data staft dengan menggunakan tombol kiri atau tombol primer mouse ditahan lalu pindahkan ke “NO MAHASISWA” pada Tabel nomor, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

22.         Setelah itu Klik “Create” maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.
23.         Lalu pada menu Toolbar kita pilih “Create” kemudian klik “More Forms”, lalu pilih “Form Wizard” maka akan muncul tampilan seperti gambar.


24.         Kemudian pilih item-item yang ingin di tampilkan misalnya Nama lalu klik tanda “ >>“ di sebelah kanan item-item tadi, setelah itu Klik “Next”.

25.         Setelah itu pilih “ Columnar” pada kotak menu Form Wizard tersebut, lalu Klik Next lagi.

26.         Kemudian akan muncul “What Style Would You Like?”, di sini kita boleh memilih tampilan-tampilan yang berbagai macam, pilih salah satu tampilan sesuai keinginan. Lalu klik Next.
27.         Setelah itu, akan muncul tampilan berikutnya, pilih “Open The Form To View Or Enter Information”. Setelah itu Klik Finish.
28.         Maka akan muncul tampilan akhirnya, seperti gambar di bawah ini.



B.     PEMBAHASAN

Microsoft Access merupakan salahsatu program aplikasi dari Microsoft Office. Microsoft Access merupakan sebuah perpaduan antara Microsoft Word dengan Microsoft Excel. Microsoft access biasa digunakan pada laporan keuangan ataupun pendataan barang pada suatu bisnis.
Microsoft Access digunakan untuk membuat sederhana, serta kompleks, solusi database. tabel Akses mendukung berbagai jenis bidang standar, indeks, dan integritas referensial. Akses juga mencakup antarmuka query, bentuk untuk menampilkan dan memasukkan data, dan laporan untuk dicetak. Jet Database yang mendasari, yang berisi benda-benda, adalah multiuser-aware dan menangani rekor mengunci dan integritas referensial termasuk cascanding.
Tugas berulang dapat otomatis melalui macro dengan pilihan point-and-klik. Microsoft Access sangat populer di kalangan non-programmer dan pengembang profesional sama. Non-programmer dapat membuat visual menyenangkan dan solusi yang relatif maju dengan kode sangat sedikit atau tidak ada, sedangkan pengembang profesional dapat memanfaatkan kekuatan Akses untuk mencapai di luar mereka sendiri. Hal ini juga mudah untuk menempatkan database pada jaringan dan telah berbagi banyak pengguna dan memperbarui data tanpa Timpa pekerjaan masing-masing. Data terkunci pada tingkat rekor yang secara signifikan berbeda dari Excel yang mengunci semua spreadsheet. Microsoft Acces menawarkan berbagai database template dalam program ini dan untuk di download dari situs web mereka. Beberapa table dapat di format sesuai dengan keinginan dan datanya dapat lebih dari 1 buah. Berbeda table dapat dihubungkan dengan relationship agar data tidak sakah, dan data akhir dapat kita lihat pada report dan dapat kita disain sesuai keinginan sehingga tampilan akan bagus.


VII.   KESIMPULAN
Dari praktikum Microsoft access berikut dapat disimpulkan, antara lain:
1.             Microsoft Access merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft Office.
2.             Microsoft Access hampir sama dengan Microsoft excel.
3.             Dasar dalam pembuatan Microsoft access ialah pembuatan table
4.             Setelah membuat beberapa table, table tersebut dapat saling dihubungkan menggunakan relationship
5.             Biasa digunakan pada pendataan suatu barang atau yang lainya untuk mengurangi suatu kesalahan.



DAFTAR PUSTAKA
Enterprise. Jubilee. 2009. 101 Tip dan Trik Microsoft Access 2007. Surabaya : Elex Media Komputindo
Solution. Winpec. 2007. Mudah Menguasai Microsoft Access 2007. Surabaya : Elex Media Komputindo.

DAFTAR LAMAN
Anonim. 2012. http://office.microsoft.com/en-us/access/, Diakses tamggal  12 Maret 2012, pukul 12:00 WIB
Anonim. 2012. http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel_Grafik/, Diakses tanggal 12 Maret 2012, pukul 12:00 WIB





Mengetahui
Co.Ass


( Eko Evano Putra)
Yogyakarta,    Maret 2012
Praktikan


(Joko Maryanto)



1 komentar: