Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-pesan-pembuka-saat-proses.html#ixzz27TMm9h9J

SEDANG MEMUAT KONTEN HALAMAN
SILAKAN TUNGGU DENGAN SABAR

Halaman

http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-9/ani811.cur

Senin, 26 Maret 2012

LAPORAN MICROSOFT EXCEL


LAPORAN RESMI PRAKTIKUM
PENERAPAN KOMPUTER











DISUSUN OLEH :
                                    NAMA            : JOKO MARYANTO
                                    NIM                : 11/14150/TP
                                    FAKULTAS   : TEKNOLOGI PERTANIAN
                                    JURUSAN      : TEKNIK PERTANIAN
                                    ACARA          : PEMBUATAN GRAFIK MS. EXCEL
                                    CO. ASS         : YAYA ZAKARIA SOFYAN


FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
INSTITUT PERTANIAN STIPER
YOGYAKARTA
2012

I.       ACARA III                  :  Pembuatan Grafik Microsoft Excel
II.      TUJUAN
1.      Dapat mengetahui fungsi Ms.Excel dengan benar.
2.      Menggunakan program-program di dalam Ms.Excel sesuai fungsinya.
3.      Mengerjakan laporan penghiyungan dengan cepat menggunakan rumus yang ada.
IV.    ALAT DAN BAHAN
A.      Alat: Seperangkat Komputer (PC/Laptop)
B.       Bahan: Data yang akan dimasukan
III.    TINJAUAN PUSTAKA
       Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.



V. CARA KERJA
A. TEORITIS
1.             Mengklik start,  klik Microsoft office,  klik Microsoft office excel 2007
2.             Membuat table dan diisi sesuai contoh yang diberikan.
3.             Memasukan rumus MID, MAX, MIN SUM, AVERAGE, IF dan sebagainya  untuk mencari hasil.
4.             Membuat salah satu grafik rata-rata kelas, nilai tertinggi, dan nilai terendah.
5.             Menyimpan dengan mengklik save as lalu member nama sesuai ketentuan
B. SKEMATIS
1.             Diklik tombol start pada taskbar lalu pilih all program kemudian pilih microscof office dan pilih program microscoft excel.
2.             Dimasukan data seperti contoh pada kolom pengolahan data bila data sudah selesai dimasukan kemudian di buatkan kolom.
3.             Dimasukan rumus MID, MAX, MIN SUM, AVERAGE, IF dan yang lain sesuai kebutuhan.
4.             Dibuat grafik rata-rata kelas, nilai tertinggi, dan nilai terendah.
5.             Disimpan data yang sudah jadi dan beri nama sesuai nama mahasiswa.


 VI.   HASIL DAN PEMBAHASAN
A.      HASIL
Pada Kode Absen menggunakan rumus =mid(C4,7,2) yang artinya di ambil pada kolom C4 diambil karakter di tengah pada huruf ke 7 diambil 2 karakter. Pada nilai komulatif di hitung dengan cara =Sum(E4:G4) dengan maksut pada kolom E4 sampai G4 dijumlahkan. Nilai rata-rata menggunakan rumus =AVERAGE(E4:G4) yang artinya pada kolom E4 hingga G4 Diambil rata-ratanya. Pada keterangan menggunakan fungsi =IF(I4>=70,"LULUS","TIDAK LULUS") yang artinya pada kolom I4 (Nilai Rata-rata) jika mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 70 maka akan lulus dan yang lainnya tidak lulus. Pada Rata-rata  Kelas mempunyai rumus =AVERAGE(E4:E13) Pada Nilai TIK dan mempuyai penjelasan yang sama pada nilai komulatif. Pada nilai tertinggi mempunyai rumus =MAX(E4:E13) yang artinya Pada kolom E4 hingga E13 dicari nilai tertinnginya. Pada niai terendah menggunakan rumus =MIN(E4:E13) mencari nilai terendah pada E4 hingga E13. Pada [embuatan grafik batang dengan cara meneblok nilai rata-rata pada tiap pelajaran lalu pilih insert-column-pilih sesuai keinginan.
B.       PEMBAHASAN
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. dalam penghitungan, Microsoft Excel mempunyai fungsi statistic yang bermacam-macam untuk mempermudah pengguna dalam penghitungan dan memasukkan data yang banyak dan bermacam-macam yang apabila tidak menggunakan Microsoft excel akan memperlukan waktu yang lama dalam penyelesaianya. Beberapa fungsi statistic Microsoft excel yaitu Fungsi Average  digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sederetan data angka, Fungsi Count : digunakan untuk menentukan berapa banyak data yang terdapat dalam range tertentu (jumlah sel yang terisi data), Fungsi Countif : digunakan untuk menentukan berapa banyak data yang terdapat pada range tertentuberdasarkan criteria atau kondisi tertentu,  Range : menentukan range yang akan dievaluasi atau diuji, Criteria : menentukan criteria atau kondisi tertentu yang akan dihitung. Criteria ini dapat berupa huruf, angka atau rumus, Fungsi Max : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sederetan data angka (numeric), Fungsi Min : digunakan untuk mencari nilai terendah dari sederetan data angka (numeric), Fungsi Median : digunakan untuk mencari nilai tengah dari sederetan data angka (numeric), Fungsi Rank : digunakan untuk mencari ranking suatu bilangan diantara sekumpulan data, Number: nilai atau nangka yang digunakan angka yang akan dicari rankingnya, Ref : alamat range atau array yang berisi keseluruhan data, Fungsi Vlookup : digunakan untuk pembacaan table data yang disusun secara vertical, lookup : nilai sebagai dasar pembacaan table, table array : range table data yang dibaca, column index_num : nomor urut yang menyatakan posisi kolom dalam sustu table, range lookup : berisi TRUE (apabila table data diurutkan secara menaik) dan FALSE (apabila table data tidak diurutkan), Fungsi Hlookup : digunakan untuk pembacaan table data yang disusun secara \ horizontal.
 
 VII.  KESIMPULAN
                 Dari praktikum Microsoft excel berikut dapat disimpulkan, antara lain:
1.      Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.
2.      Memudahkan dalam penghitungan dalam skala banyak.
3.      Mempunyai fungsi statistic dalam penghitungan.
4.      Awal perhitungan harus diawali dengan = (sama dengan)
5.      Untuk menjumlahkan menggunakan rumus SUM.
6.      Mencari rata-rata menggunakan rumus AVERGE.
7.      Mencari nilai tertinggi menggunakan rumus MAX.
8.      MIN untuk mencari nilai terendah.
9.      Fungsi yang menggunakan fungsi logika menggunakan rumus IF.


DAFTAR PUSTAKA
Halim, Cipta. 2006. Costing Akurat dengan Microsoft Excel. Surabaya : Elex media komputindo.
Sianipar, Pandopotan.  2010. Cara Mudah Menggunakan Microsoft Excel 2010.  Surabaya : Elex media komputindo.

DAFTAR LAMAN
Anonim. 2012. http://office.microsoft.com/en-us/excel/. Diakses tanggal:3 Maret 2012, pukul 12:00 WIB.
Anonim.2012.http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel. Diakses tanggal:3 Maret 2012, pukul 12:00 WIB.

Mengetahui
Co.Ass


(Yaya Zakaria Sofyan)
Yogyakarta,10 Maret 2012
Praktikan


(Joko Maryanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar