Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-pesan-pembuka-saat-proses.html#ixzz27TMm9h9J

SEDANG MEMUAT KONTEN HALAMAN
SILAKAN TUNGGU DENGAN SABAR

Halaman

http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-9/ani811.cur

Kamis, 10 Mei 2012

Cara Memilih Landak Mini Sehat


Memilih Landak Mini

 | October 15, 2011

Ada banyak orang yang telah memutuskan ingin memelihara landak mini, tetapi mereka tidak yakin di mana mendapatkannya atau bagaimana memilih landak mini yang baik. Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih landak mini, di bawah ini beberapa hal yang dianggap penting untuk dipertimbangkan.
Apakah Landak Mini Dalam Keadaan Sehat?
Perawatan landak mini bisa sangat menyulitkan jika anda membeli landak mini yang memiliki masalah kesehatan. Beberapa hal dasar untuk memeriksa kesehatannya adalah:
  • Mata : Mata harus jelas, tidak berair, dan tidak boleh cekung atau bengkak. Landak mini harus terlihat sadar dan waspada. Mata landak mini yang sehat berbentuk bulat, agak menonjol, dan cerah. Jika mata landak mini cekung, kusam, setengah terbuka atau menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa, kemungkinan landak mini mengalami beberapa jenis penyakit.
  • Hidung : Hidung harus sedikit lembab. Jika hidung landak mini basah, keras, mengeluarkan gelembung, atau menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa berarti landak mini tersebut dalam keadaan tidak sehat.
  • Bulu : Bulu harus bersih. Landak mini mungkin mengurapi dirinya sendiri sehingga terlihat kotor, namun ada sedikit perbedaan dengan kotoran yang bukan akibat aktifitas pengurapan tersebut. Jika ada kotoran yang kusut di sekitar dubur, seringkali menandakan landak mini mengalami diare atau beberapa masalah kesehatan lain yang mungkin lebih parah.
  • Kulit : Kulit yang sehat harus lentur dan halus, landak dengan kulit berkerak atau kering bisa memiliki masalah tungau (kutu), kecuali landak mini tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan (jika penjual mengatakan mereka membawanya ke dokter hewan, jangan takut untuk meminta buktinya).
  • Telinga : Telinga landak mini harus lembut dan bulat, tidak ada bagian yang hilang atau kasar pinggirnya.
  • Berat : Landak mini tidak boleh terlalu gemuk (tidak dapat menggulung menjadi bola, memiliki kelebihan lemak di daerah ketiak) atau terlalu kurus (sisi badan dan perutnya terlihat cekung). Kedua keadaan tersebut bisa menunjukkan kesehatan yang buruk.
  • Alat Kelamin : Alat kelamin landak mini harus bersih dan kering, tanpa ada pembengkakkan atau kemerahan. Tidak ada tanda-tanda kotoran darah atau menempel di alat kelamin atau daerah di sekitarnya.
  • Cedera : Jika ada, landak mini harus disembuhkan dengan baik dan penjual harus dapat memberitahu anda bagaimana asal mula cedera itu dan pengobatan apa yang telah diberikan. Kadang-kadang bayi landak mengalami cedera, seperti digigit oleh saudaranya, atau bahkan kehilangan anggota tubuhnya karena dimakan oleh induk betinanya. Bayi landak yang mengalami cedera tersebut dapat tumbuh secara sehat, namun sebagai calon pemilik, anda harus mempertimbangkan dampak yang mungkin muncul akibat cedera tersebut dan kemampuan anda untuk merawatnya.
  • Kewaspadaan : Landak mini harus waspada terhadap lingkungan di sekitarnya, tidak boleh lesu dan harus responsif
  • Kotoran : Kotoran landak mini harus tegas dan cokelat, dan tidak boleh berisi tanda-tanda darah, nanah, parasit, atau perubahan warna.
Bagaimana Temperamennya?
Ingat bahwa apa yang anda lihat mungkin apa yang akan anda dapatkan. Landak mini yang pemalu bisa diatasi dengan kesabaran dan kepedulian, tetapi tidak ada jaminan. Kebanyakan landak mini pada awalnya akan pemalu. Jika awalnya menggulung menjadi bola tetapi membukanya dalam beberapa menit dan tampak santai atau malah mengendus anda, mungkin akan baik-baik saja. Tapi jika membuka gulungan bolanya cukup lama, kemungkinan akan selalu mudah kaget tapi landak mini tersebut menarik juga. Tidak ada perangai landak mini tertentu yang tidak membuat mereka menjadi hewan peliharaan yang baik. Tetapi jika anda memiliki tipe tertentu dalam pikiran anda, maka yang terbaik adalah menemukan landak mini yang sudah seperti apa yang anda inginkan. Jenis kelamin landak mini tidak benar-benar memiliki hubungan dengan temperamen. Banyak orang percaya bahwa landak betina kurang ramah atau agresif, padahal mereka seperti itu karena sedang hamil atau menyusui.
Idealnya, anda harus memilih landak mini yang ramah dan tidak penakut. Pada bayi landak umumnya menggulung dengan cepat dan terus menerus dalam beberapa detik, tetapi dalam waktu singkat mereka harus membuka gulungannya dan mulai melihat dan menjelajahi sekitarnya. Uji temperamen landak mini dengan cara meletakkannya di atas tangan anda, dan lihat apakah tetap dalam posisi menggulung atau dengan cepat dan santai membuka gulungannya. Jika anda memiliki peternak yang dapat dipercaya, maka dengarkan saran mereka. Perilaku landak mini mungkin tidak sama ketika dipegang oleh anda dan ketika dipegang oleh peternak. Jika peternak mengatakan landak mini cenderung bersikap ramah dan santai, atau jika cenderung pemalu dan mungkin tidak bisa langsung dipegang, anda harus menyadari bahwa peternak ini telah menghabiskan waktu lebih banyak dengan landak mini daripada anda yang hanya dalam kunjungan singkat.
Umur Landak Mini
Idealnya, seekor landak mini dibeli antara 8-12 minggu. Seekor bayi landak tidak seharusnya dijual sebelum mencapai umur 6 minggu. Setelah melebihi umur 12 minggu pun, seekor landak mini masih dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dibawa pulang, tapi anda akan merasa kehilangan tahap pertumbuhan bayi yang sebenarnya. Jika anda menginginkan yang telah sepenuhnya dewasa, landak mini yang berumur 6 bulan dapat menjadi pilihan. Tapi ingat jika anda membeli landak mini yang telah melewati umur 2 tahun, anda mungkin tidak akan memilikinya dalam jangka waktu yang lama.
Jika landak mini dalam keadaan sehat, umur seharusnya tidak menjadi masalah yang berarti. Muda atau tua, mereka masih bisa menjalin ikatan dengan pemilik baru. Dengan landak tua, anda akan tahu warna dan temperamennya secara jelas. Tapi ingat, landak mini biasanya hidup antara 3 hingga 6 tahun, sehingga landak tua mungkin tidak akan bersama anda dalam waktu yang panjang. Dengan landak muda, anda bisa melihat tahap pertumbuhan dan perkembangannya, dan ini adalah sesuatu yang menarik! Landak mini yang masih muda cenderung rentan untuk buang kotoran kapan saja dan dimana saja terutama pada bayi landak. Baik landak mini tua atau muda dapat menjadi hewan peliharaan yang menarik, jadi terserah anda untuk memutuskan mana yang akan lebih baik untuk anda.
Hal Apa yang Harus Ditanyakan Kepada Penjual?
Apa yang akan anda tanyakan tergantung pada apa yang anda cari, dan apa yang anda harapkan. Di bawah ini ada beberapa saran pertanyaan, tapi ingat ini hanya pedoman. Anda mungkin bisa mendapatkan landak mini yang benar-benar bagus dari orang yang tidak tahu banyak tentang landak mini. Tapi alangkah baiknya untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini agar anda mempunyai standar perawatan yang baik.
  • Berapa umur landak mini?
Penjual harus mampu menjawabnya setidaknya memberikan kisaran umur landak mini, atau penjelasan mengapa mereka sampai tidak tahu. Misalnya, pada bayi landak yang belum memiliki banyak duri, dan mereka menjawab umurnya 6 minggu padahal sebenarnya tidak lebih dari 2-3 minggu. Ini jelas salah dan tidak seharusnya dijual! Jadi telitilah!
  • Apa makanan sehari-harinya?
Mereka harus dapat memberi tahu anda tentang makanan yang biasa diberikan pada landak mini, juga pola makan yang diberikan. Jika pola makan yang diberikan buruk, maka dapat mempengaruhi temperamen dan kesehatan.
  • Apa jenis alas serbuk kayunya (bedding)?
Jika penjual mengatakan Cedar, maka dapat menyebabkan masalah pernapasan dan telah ada kaitannya dengan kanker pada hewan kecil. Serbuk Pinus yang tidak diawetkan (proses pengeringan) dapat menyebabkan masalah yang sama, tapi jika diawetkan maka akan aman untuk alas landak mini. Dengan kayu cedar ada kemungkinan juga landak mini mengalami alergi kulit.
  • Apa jenis jaminan kesehatan yang ditawarkan?
Ini adalah pertanyaan bagus dari pembeli yang waspada. Meskipun dengan perawatan yang terbaik dan pembiakkan yang telaten, masalah dapat saja terjadi. Ada beberapa contoh penyakit awal (umur 8 minggu terkena stroke, dan umur 4 bulan gagal pankreas). Ada kebijakan penjual bahwa landak mini yang mengalami masalah kesehatan pada enam bulan pertama akan diperiksa ke dokter hewan dan mengganti dengan landak mini yang baru tanpa biaya tambahan. Ini juga mengingatkan kita pada masalah yang mungkin kita perlu menyadari bahwa penyakit tersebut tidak menular secara genetik. Tidak semua penjual mau atau mampu membuat jaminan, jadi hal yang terbaik adalah menyadari setiap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh penjual.
  • Bagaimana jika landak mini tidak sesuai dengan harapan?
Ada kalanya landak mini tertentu tidak dapat menjalin ikatan yang baik dengan anda, atau kehidupan anda tidak mampu (tidak cocok) memelihara landak mini secara permanen sesuai rencana anda. Jadi, anda ingin tahu apa saja kebijakan dari penjual tentang hal ini. Pet shop biasanya memiliki kebijakan uang kembali, jika tidak maka tanyakan hal tersebut. Masing-masing peternak memiliki kebijakan sendiri. Ada peternak yang mencegah pembelian impulsif, dan karena itu tidak memberikan uang kembali. Peternak seperti ini membantu orang untuk mengetahui bahwa mereka membuat keputusan yang serius dalam memelihara landak mini. Namun, peternak juga mengerti bahwa tidak setiap landak mini cocok untuk orang tertentu. Dalam kasus ini, peternak mencoba pertukaran pada landak mini dengan harapan akan bekerja lebih baik. Ketika seorang pemilik menghubungi dan mengatakan mereka tidak dapat memelihara landaknya lagi, peternak menawarkan untuk dititipkan sementara (layaknya penitipan anak) hingga pemilik merasa sanggup atau memiliki waktu untuk memeliharanya kembali, atau peternak membantu mencarikan pemilik yang baru. Namun tidak semua peternak memiliki kebijakan di atas, jadi tanyakan mengenai kebijakannya, sehingga anda dapat mempertimbangkan keputusan anda.
  • Berapa lama landak mini ini ditangani (dilatih)?
Jika landak mini cukup pemalu dan belum banyak ditangani, kemungkinan anda yang harus menanganinya. Jika landak mini sangat bersahabat dan belum banyak ditangani, kemungkinan akan menjadi landak mini yang jinak sekali. Jika penjual memegang landak mini dengan sarung tangan, kita perlu khawatir. Seorang penjual yang berpengalaman dalam menangani landak mini yang jinak dan sehat seharusnya tidak menggunakan sarung tangan, dan mampu menunjukkan pada anda bagaimana mengangkat (memegang) landak mini yang sedang menggulung. RumahLandak.com
KategoriArtikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar