Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-pesan-pembuka-saat-proses.html#ixzz27TMm9h9J

SEDANG MEMUAT KONTEN HALAMAN
SILAKAN TUNGGU DENGAN SABAR

Halaman

http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-9/ani811.cur

Kamis, 10 Mei 2012

Quiling pada Landak Mini


Apa Itu Quilling?

 | November 10, 2011
Quilling adalah proses pergantian duri pada landak mini yang biasanya terjadi pada usia 2-3 minggu, 5 minggu dan 8-12 minggu. Ini adalah proses alami dimana duri baru akan tumbuh menggantikan duri lama dalam waktu yang singkat. Duri baru yang tumbuh akan memiliki ukuran dan jumlah yang berbeda, yaitu lebih panjang, lebih banyak dan solid. Dan pada landak mini hasil persilangan warna akan tumbuh duri baru yang berbeda warna (tapi tidak selalu terjadi). Disinilah keunikannya, seekor landak mini hasil persilangan warna akan membawa warna duri turunan dari salah satu indukan atau campuran dari keduanya. Terkadang warna landak mini baru bisa dipastikan setelah mereka melewati proses quilling (umur 8-12 minggu) dimana warna duri menjadi lebih jelas. Bayi landak mini yang berusia 2-3 minggu memiliki duri yang lebih tipis, halus, dan jumlahnya sedikit. Duri-duri ini akan terlepas dengan sendirinya dan digantikan oleh duri baru seiring pertumbuhan fisiknya.
Proses quilling berbeda dengan Quill Loss. Quill Loss atau kehilangan duri lebih ke arah hilangnya duri yang disebabkan masalah penyakit dan hormon. Misalnya dalam beberapa kasus kutu akan ditandai dengan terlepasnya duri disertai bagian kulit borok yang terkelupas.  Kurang nutrisi pada makanan, stres, dan ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan hilangnya duri.
Perubahan perilaku seringkali terjadi pada saat quilling seperti menjadi galak, mendesis, dan nafsu makan menurun. Tapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan selama anda bisa membedakan perubahan perilaku selama proses quilling dengan perubahan perilaku karena hal-hal yang lain (cuaca, adaptasi makanan baru, penyakit, lingkungan). Banyak orang memberi saran penanganan saat proses quilling dengan mengoleskan baby oil atau minyak zaitun ke tubuh landak, namun hal ini tidak selalu benar. Masalah penanganan selama proses quilling harus didasarkan pada kebutuhan landak mini tersebut (dan sebenarnya mereka tidak butuh ditangani saat quilling, karena ini adalah proses alami), apalagi quilling pada saat umur 2-3 minggu dimana mereka sedang disusui oleh induk betina. Penanganan yang masuk akal hanya mandi dengan air hangat, itupun jika landak mini telah lepas susu. Memandikan landak mini pada saat proses quilling dapat melembutkan kulitnya sehingga proses tumbuhnya duri akan terbantu. Jadwal mandi disesuaikan dengan jadwal reguler yang biasa anda lakukan, jadi jangan menambah jadwal mandi karena terlalu sering mandi malah membuat kulit landak mini menjadi kering.
Penanganan khusus pada saat proses quilling hanya dilakukan jika terjadi sesuatu yang tidak normal, misalnya ingrown. Ingrown adalah pertumbuhan duri yang tidak sempurna (pertumbuhan menyamping ke dalam) yang disebabkan beberapa hal seperti kulit kering, penyempitan di pori dimana duri tumbuh dan duri lama tidak terlepas sempurna. Pertumbuhan ingrown ini akan ditandai dengan kemerahan, bengkak dan bahkan luka pada kulitnya. Ingrown membuat gatal dan perih pada landak mini, dan landak mini akan terlihat sering menggaruk. Penggarukan ini adalah proses alami yang dilakukan landak mini dalam upaya mengatasi ingrown, dimana mereka akan terus menggaruk hingga duri terlepas dan menyebabkan luka, dan akhirnya akan tumbuh duri yang baru. Namun jika dalam kasus ingrown terjadi pembengkakan yang parah atau luka infeksi maka dibutuhkan penanganan dokter hewan, tidak direkomendasikan untuk mencabutnya sendiri. RumahLandak.com

5 komentar:

  1. jangan lupa ya kunjungi ling ini http://jalanterbaik.com/go/1275564.html

    BalasHapus
  2. ALAY!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. Masa quilling itu kira kira berapa lama yh??

    BalasHapus
  4. Masa quilling itu kira kira berapa lama yh??

    BalasHapus